De Javu LibSMANTISA SMAN 3 SALATIGA

De javu. Inilah barangkali ungkapan yang pas untuk menggambarkan capaian prestasi Perpustakaan “Libsmantisa”  SMA Negeri 3 Salalatiga. Ya, sebagai kelanjutan lembaga pendidikan menengah yang lahir setelah sekolah keguruan (SPG Negeri Salatiga, red) ditutup, tentu saja SMA Negeri 3 bukan hanya mewarisi area kampus yang luas. Tapi juga nama besar SPG. Apalagi waktu itu, SPG N Salatiga merupakan salah satu sekolah terpandang di Jawa Tengah. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi SMA 3. Terbukti, di masa kejayaannya waktu itu, perpustakaan SPG Negeri pernah menyabet juara ketiga tingkat nasional dalam lomba perpustakaan sekolah. Begitu tutur Kepala Perpustakaan SMA N 3 Salatiga Drs. Takarina.

Di tahun 2020 ini, agaknya sejarah tersebut bakal kembali terulang. Buktinya, hasil kerja keras seluruh warga sekolah dalam mewujudkan perpustakaan yang representatif ternyata tidak sia-sia. Melalui Pengumuman resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 041/4289 tertanggal 6 Juli 2020 tentang Pengumuman Hasil Lomba Bidang Perpustakaan, Perpustakaan Libsmantisa SMA Negeri 3 Salatiga dinobatkan sebagai juara pertama Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA (SMA/SMK/MA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ini berarti perpustakaan Smantisa akan maju lomba di tingkat nasional mewakili Jawa Tengah.

Seminggu sebelum pengumuman lomba ini resmi diterima pihak sekolah, sebenarnya aroma kemenangan perpustakaan Libsmantisa dan bakal maju di tingkat nasional sudah terasa. Ini misalnya, pada Jumat, 3 Juli lalu Kepala Perpustakaan Libsmantisa Takarina, Pustakawan Elalia dan Kepala Sekolah Yuliati Eko Atmojo dipanggil Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi untuk presentasi di sana. Dan ternyata dari Dinas tersebut, rombongan dari SMA 3 Salatiga diarahkan untuk meminta testimoni atau kesaksian terkait perpustakaan Libsmantisa dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Syukurlah, perjalanan rombongan SMA 3 Salatiga dalam menemui kedua pejabat tersebut lancar.

Sebelumnya, pada 25 Juni lalu Libsmantisa mengikuti verifikasi berkas dan lapangan dari tim juri guna penilaian lomba perpustakaan tingkat Jawa Tengah (baca: http://sman3salatiga.sch.id/sma-3-salatiga-kembali-mengikuti-lomba-perpustakaan-tingkat-provinsi/).

Berikut daftar pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

NONAMAKAB/KOTAPERINGKAT
1Perpustakaan LIBSMANTISA SMA N 3 SalatigaKota SalatigaPeringkat I
2Perpustakaan SASANA WIDYA PUSTAKA SMA N 1 GemolongKab. SragenPeringkat II
3Perpustakaan GRAHA WIDYATAMA SMA N 1 SapuranKab. WonosoboPeringkat III
4Perpustakaan TITIAN WIDYA PUSTAKA SMA N 1 DemakKab. DemakHarapan I
5Perpustakaan SMK Negeri 1 Bumi JawaKab. TegalHarapan II
6Perpustakaan PUSTAKA CENDEKIA SMA N 1 BanjarnegaraKab. BanjarnegaraHarapan III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *