http://perpustakaan.sman3salatiga.sch.id/nivo-slider/demo/images/mvc.php SMA 3 Salatiga Kembali Mengikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi – SMA NEGERI 3 SALATIGA

SMA 3 Salatiga Kembali Mengikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

Perpustakaan SMA Negeri 3 kembali dipercaya Provinsi Jawa tengah untuk mengikuti lomba tingkat provinsi. Tim validasi perpustakaan provinsi Jawa Tengah melakukan validasi di perpustakaan Smantisa pada Kamis, 25 Juni 2020 mulai jam 9 pagi. Rombongan tim juri diterima langsung oleh Kepala SMA Negri 3 Salatiga Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. di ruang kerjanya. Ikut menyambut kedatangan tim juri adalah perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jawa Tengah, Kepala Persipda Kota Salatiga, dan Komite Sekolah.

Meski perintah mengikuti lomba datang mendadak sehari sebelumnya, namun perpusatakaan Smantisa di bawah komando kepala perpustakaan Drs. Takarina dan Pustakawan Elalia Tri Muryanti sudah menyiapkan segalanya, termasuk bahan presentasi. Untunglah tim juri menyampaikan pesan dari provinsi bahwa penilaian lomba perpustakaan di tengah pandemi covid-19 ini harus tetap memerhatikan protokol kesehatan. Sehingga acara protokoler yang sudah dipersiapkan panitia tidak diselenggarakan.

Setelah tim validasi dari perpustakaan Smantisa siap di mejanya masing-masing, tim juri langsung menuju ke Ruang Multimedia untuk memvalidasi. Ada 9 bidang yang divalidasi dengan petugas yang sudah dipersiapkan pihak perpustakaan, yaitu bidang Koleksi Perpustakaan (Elalia), Organisasi Perpustakaan (Agus Mulandono dan Suratilah), Gedung/Ruang (Aris Kusmanto), Perabot dan Perlengkapan (Sri Mekar Widiastuti), Anggaran Perpustakaan (Indriastuti Soewarto), bidang Kerjasama dan Promosi (Muhlasin), Komponen Penguat (Ferian C.R), Program dan Kegiatan (Paulina Yunita).

Setelah melakukan validasi tiap bidang, tim juri juga mengecek komputer presensi pengunjung dan otomasi barcode buku. Sebelum meninggalkan kampus SMA 3, di akhir penilaian, tim juri meninjau beberapa kelas untuk melihat secara langsung pojok literasi kelas.

Ada harapan besar pada lomba perpustakaan kali ini. Jika pada lomba sebelumnya Perpustakaan SMA 3 meraih juara ke-2, maka kali ini ada peluang lolos ke tingkat nasional. Ini lantaran kekurangan yang menjadi komponen penting pada lomba pertama dulu, kata Kepala Perpustakaan Takarina, sudah terpenuhi pada lomba kali ini. Komponen tersebut adalah perpustakaan sudah terakreditasi (akreditasi A, red) dan sertifikat untuk kepala perpustakaan.

Di samping itu, menjelang tahun pelajaran baru ini, perpustakaan SMA 3 juga sudah memiliki akses bagi pengunjung difabel. Bukan hanya untuk jalur yang telah disiapkan, tapi juga tempat yang dikhususkan bagi pengunjung difabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *