Arcanoyd Fest SMA 3 Salatiga

Penonton masih setia di depan panggung hingga sore hari (dok. Isnadila)

Pada hari Rabu, 30 Oktober 2019 SMA Negeri 3 Salatiga mengadakan acara pentas seni. Acara yang bertemakan “Indonesian Culture” ini diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda terutama untuk lebih mengenal, mencintai dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Acara ini diberi nama “Arcanoyd Fest” yang merupakan gelaran kreativitas seni siswa SMA Negeri 3 Salatiga. Pentas seni seperti ini diselenggarakan dua tahun sekali. Dalam acara ini siswa dapat menampilkan bakat dan potensi siswa dalam bidang seni.

Tujuan diselenggarakannya Arcanoyd Fest antara lain, menumbuhkan rasa kebersamaan antarsegenap warga SMA N 3 Salatiga dengan memberikan hiburan kreatif berupa seni. Selain itu, kegiatan ini dapat mewadahi potensi dan bakat serta kreativitas siswa dan alumni SMA N 3 Salatiga melalui gelar kreativitas dan seni, menggugah semangat dan antusiasme siswa, sebagai perwujudan nyata visi SMA N 3 Salatiga, dan menjadi menjadi acuan bagi angkatan selanjutnya serta sekolah-sekolah yang ada di wilayah Salatiga dan sekitarnya.

Acara yang dimulai pada sejak pukul 7 pagi hingga 5 sore ini dibuka oleh Kepala SMA Negeri 3 Salatiga, Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon yang diikuti ratusan balon dari siswa.

Sementara perwakilan dari Dinas Pendidikan Wilayah V dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya terhadap acara yang diselenggarakan oleh SMA 3. Ditekankannya bahwa kegiatan seni yang merangsang otak kanan tak kalah dengan bidang akademik dalam memajukan siswa.

Pentas yang dipersiapkan dengan matang di bawah komando kesiswaan ini dimeriahkan oleh siswa, guru, alumni, hingga beberapa band spesial. Dari siswa selain OSIS dan MPK, bantara pramuka dan paskibra juga ikut unjuk kebolehan. Sementara dari unsur ekstrakurikuler ada rebana, karawitan, dance, bela diri, fashion show, baca pusisi, dan lain-lain.

Sementara itu sebagai ciri khas pentas seni, yakni band musik menampilkan band siswa, parade nusantara, New reoke, New RPH, Fisip meraung, dan Deabdre & Fesye.

Acara yang juga diliput oleh stasiun TVRI Jateng itu mendapat perhatian yang tinggi dari para siswa. Mereka masih setia di depan panggung hingga lampu-lampu panggung menghiasi lapangan SMA 3 sore hari. (Liputan: Isnadila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *