Pohon Mangga di SMA 3

oleh Dinda Kurnia P. dan Rizky Yuniar

     Pohon mangga adalah pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

      Nama ini kira-kira mengandung arti “Pohon yang berbuah mangga berasal dari India”. Pohon mangga berasal dari daerah disekitar perbatasan  India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun silam.

     Pohon ini diklasifikasikan menjadi kingdom Plantae, kelas Magnoliopsida, ordo Sapindales, famili Anacardiaceae, genus Mangifera, dan spesiesM. indica.

`Pohon mangga umumnya mempunyai batang yang besar. Tumbuh hingga 40 m atau lebih. Batangnya tegak dan bercabang. Daunnya tunggal dan tumbuh lebat. Panjang setiap tangkai daun  1,25 -12,5 cm. Kulit pada pohon mangga tebal dan memiliki tekstur kasar. Akar tanaman mangga bercabang-cabang yang panjangnya mencapai  6 m.

Bunga mangga tergolong dalam bunga majemuk, umumnya berwarna kuning kehijauan, tumbuh memanjang hingga 40 cm, dan berkelamin campuran. Buah mangga pada usia muda berwarna hijau muda dan akan berwarna kuning kehijauan pada usia panen. Bentuk buah mangga beraneka ragam ada yang bulat, bulat telur, hingga lonjong. Ukuran panjang buah mangga antara 2,5-30 cm.

Pohon mangga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Buahnya digunakan sebagai sumber antioksidan karena mengandung senyawa fenolik, karotenoid, β-karoten, dan asam askorbat. Kulit batang pohon mangga arumanis  dapat digunakan sebagai antiinflamasi, antiviral, antibakteri, antihelmintik, antialergi.

Daun mangga arumanis dapat digunakan sebagai anti diabetes karena mampu mengurangi absorpsi glukosa pada saluran pencernaan seperti mekanisme obat antidiabetes chlorproamide. Ekstrak etanol biji buah mangga mempunyai aktivitas antibakteri. Dan ekstrak methanol biji buah mangga arum manis juga memilikki potensi sebagai antidiare.

Penulis adalah siswa kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga 2019/2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *