“SMA 3 Siap Maju Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional”

Pustakawan Smantisa Elalia Tri Muryanti menjawab pertanyaan saat visitasi tim juri (20/5/2019)

“Tujuan kami mengikuti lomba perpustakaan ini karena kami (SMA 3, red) ingin belajar banyak tentang perpustakaan sekolah dari para juri. Dan kami, SMA 3 siap maju lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional,” tegas Kepala SMA 3 Salatiga, Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. saat menjawab evaluasi dari tim juri lomba perpustakaan sekolah tingkat provinsi setelah tim juri melakukan pemeriksaan dan tinjauan langsung ke perpustakaan SMA 3. Selanjutnya para juri akan melanjutkan penilaian serupa di SMA Ngemplak, Boyolali esok harinya.

Sebagaimana sudah dijadwalkan bahwa pada hari ini, Senin, 20 Mei 2019, tim juri perpustakaan sekolah SMA tingkat provinsi melakukan visitasi ke SMA 3 Salatiga. Tim Juri berjumlah lima orang yang dipimpin oleh Bagus Saryanto itu diterima secara langsung oleh Kepala Sekolah beserta jajarannya di Ruang Multimedia pada jam 10 pagi setelah sebelumnya para juri diterima Walikota Salatiga Yulianto di ruang kerjanya. Ikut hadir dalam penyambutan tim juri di Ruang Multimedia adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah V Hendro Susilo, Pengurus Komite Sekolah, Ketua Paguyuban SMA 3 Drs. Supriyanto, M.Pd., Pengawas SMA Kota Salatiga Untung Widodo, Kepala SMP Negeri 2 Salatiga, Kepala SMP Negeri 3 Salatiga, Ketua MKKS SMP Kota Salatiga, Ketua lingkungan wilayah RT dan RW, duta perpustakaan, dan sejumlah alumni Smantisa.

Saat menerima rombongan, Kepala SMA 3 Yuliati Eko Atmojo menjelaskan bahwa dalam mengelola perpustakaan, SMA 3 selalu bekerja sama dan menjalin dukungan dengan berbagai pihak. Dikatakannya bahwa salah satu terobosan yang dilakukan yakni perpustakaan SMA 3 dapat diakses melalui android.

Sementara itu, dalam pengantarnya Bagus Saryanto menyatakan rasa terima kasihnya karena tim juri sudah diterima dengan baik. Kemudian disampaikannya apa yang menjadi tugas timnya. “Jadi kami ke sini ditugaskan untuk mencocokkan antara data riil di lapangan dengan berkas yang sudah dikirimkan. Ini karena Perpustakaan SMA 3 masuk 8 besar perpustakaan SMA yang kami nilai,” kata Bagus Saryanto. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa dalam visitasi ini tim juri akan menilai secara objektif. Ada 9 item yang akan diperiksa oleh timnya, di antaranya dalam bidang kelembagaan, sarana, anggaran, program kerja, kerja sama, koleksi, progres pengembangan.

Sebelum melakukan visitasi langsung di lapangan, pustakawan Smantisa Elalia Tri Muryanti memaparkan profil dan program kerja perpustakaan yang dikelolanya bersama empat orang tenaga teknis perpustakaan sekolah. Setelah menerima pemaparan Mbak Ela, begitu pustakawan ini biasa disapa, tim juri meninjau secara langsung perpustakaan untuk melakukan visitasi. Selain pustakawan, teknisi perpustakaan dan kepala sekolah, tampak ikut menghadapi pemeriksaan tim juri adalah kepala perpustakaan Indriastuti Soewarto, Waka Kurikulum Kristin Yulianti, Waka Humas Takarina, Waka Sarpras Aris Kusmanto, dan Waka Kesiswaan Siti Nur Handayani.

Dalam menyambut visitasi tim juri lomba perpustakaan SMA tingkat provinsi ini dimeriahkan dengan lomba mewarnai untuk anak-anak TK. Tak kurang dari 50 anak TK Aisyiah Kota Salatigaikut ambil bagian dalam kegiatan yang memperebutkan piala ini. Sambil menunggu hasil lomba, siswa SMA 3 yang tergabung dalam Story Smantisa Club menghibur puluhan anak TK itu dengan mendongeng dan mengajak mereka menyanyi bersama. Dalam kesempatan itu ditampilkan juga pembacaan dongeng oleh seorang anak TK dan penampilan dai cilik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *