Donor Darah SMA 3 Salatiga

PMR Kencana Husada SMA Negeri 3 Salatiga, mengadakan kegiatan donor darah pada hari Rabu(27/03/19). Kegiatan yang merupakan kerjasama dengan PMI Kota Salatiga ini bertema “Share Blood Save Others”. Selain mengumpulkan kantong darah, kegiatan ini bertujuan untuk menambah rasa solidaritas. Adapun manfaat dari donor darah yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, membantu menurunkan berat badan, dan mendeteksi penyakit serius.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Salatiga dalam kurun waktu setahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap sesame manusia.

Ketua panitia donor darahmenyatakan rasa syukurnya karena banyak siswa antusias mengikuti kegiatan donor darah. Beberapa guru juga tampak terlibat dalam donor darah ini. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 103 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 36 pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat. Sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena beberapa alasan, seperti masalah tekanan darah dan haemoglobin.

 Jumlah kantong darah yang dapat dikumpulkan berjumlah 36 dengan rincian: golongan darah A (8 kantong), golongan darah B (10 kantong), golongan darah O (17kantong), dan golongan darah AB (1 kantong).

Kegiatan donor darah ini mendapat tanggapan positif dari para siswa dan guru.

Siswa sedang mendonorkan darahnya

 “Rasanya senang karena dapat snack. Awalnya deg-degan, tapi setelah dicek, ternyata semua memenuhi criteria,” ungkap Rafly Atha, salahsatupeserta donor darah yang lolos.

Lain halnya dengan Riangga yang kecewa lantaran dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Saya merasa kecewa karena berat badan dan umur sudah memenuhi syarat, namun tekanan darah saya rendah.”  tutur Riangga kepada awak Jocasta.

Dari kegiatan donor darah yang telah dilaksanakan, para peserta sangat antusias dalam berpartisipasi. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya karena kegiatan ini memiliki berbagaimanfaat untuk kesehatan dan dapat membantu orang-orang yang membutuhkan.

Liputan: Team Jocasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *