Kegiatan Jumat Sedekah SMA N 3 di Selasar Kartini

Pembagian sembako berupa beras diadakan pada hari Jumat, 9 November 2018 di Selasar Kartini depan SMAN 3 Salatiga. Acara ini diadakan pada pukul 07.00 sampai selesai. Pihak yang bertanggung jawab membantu sekaligus menjadi panitia kegiatan sosial ini  adalah perwakilan kelas X IPA, IPS, dan Bahasa yang setiap kelasnya diambil dua perwakilan. Menurut keterangan mereka, kegiatan sosial ini diadakan dalam rangka”JumatSedekah”yang diadakan oleh sekolah. Pembagian sembako ini telah ditetapkan oleh pihak sekolah sebesar 5 kg beras dengan jumlah total 33 sak beras. Beras yang dibagikan juga terjamin kualitasnya. Biaya untuk kegiatan  ini didapatkan dari sumbangan seluruh warga SMAN 3 Salatiga.

Dari hasil rapat panitia, dihasilkan dua pilihan penerima sembako tersebut.  Pilihan yang tersedia adalah anak yatim piatu dan tukang becak. “Saat rapat kami berunding dan kami memutuskan untuk memberikan sembako ini kepada tukang becak, karena jika kami berikan kepada anak yatim piatu di panti asuhan belum memadai dalam beberapa hal,” tutur salah satu siswa  kelas X yang ditunjuk menjaga paket beras sembako.

Tukang becak yang datang sudah diundang sebelumnya oleh ketua panitia. IbuSuwarti dan Bapak Panut merupakan dua dari beberapa tukang becak yang diundang. “Saya senang sekali dengan diadakannya acara ini. Saya berharap acara ini dapat diadakan secara rutin,” komentar Bapak Panut. Mereka terlihat antusias saat menerima sembako yang diberikan secara langsung oleh Kepala SMA N 3 Salatiga, Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. Mereka juga berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan pada minggu atau bulan berikutnya,selain itu mereka juga bersyukur dan sangat beterimakasih kepada seluruh warga SMAN 3.

Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. saat dimintai keterangan mengenai tujuan kegiatan Jumat Sedekah tersebut menuturkan bahwa diadakannya acara Jumat Sedekah  adalah untuk mewujudkan salah satu visi SMA N 3 Salatiga. Selain itu, lewat acara ini para siswa diharapkan dapat memiliki rasa simpati terhadap orang lain dan memiliki jiwa yang lebih berkarakter.

Untuk jadwal pelaksanaan kedepannya, akan diadakan evaluasi tiap hari Jumat untuk menentukan apakah Jumat Sedekah akan diadakan rutin atau tidak. Sebelum ini, acara”Jumat Sedekah”sudah dilaksanakan sebelumnya dalam rangka ulang tahun SMA N 3 Salatiga dan bakti sosial ke panti asuhan.

Dipilihnya Selasar Kartini sebagai tempat diadakannya acara ini supaya dapat memberikan contoh kepada adik-adik kelas dan masyarakat sekitar di luar SMA N 3 Salatiga. “Kegiatan ini diselenggarakan di Selasar Kartini untuk memberi contoh kepada adik-adik kelas dan masyarakat sekitar di luar SMA Negeri 3 Salatiga,” tutur Ibu Yuli yang kemudian memberikan paket beras kepada perwakilan tukang becak yang sudah hadir.

Tim liputan: Intan, Sara, Sari, Eka

Dra. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd. memberikan paket beras kepada Bapak Panut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *