Perpustakaan Libsmantisa Raih Akreditasi A

Tak ada usaha yang sia-sia. Ungkapan ini agaknya pas untuk menggambarkan  Perpustakaan SMA  Negeri 3 Salatiga. Berkat usaha keras dan kerja sama semua warga sekolah yang meliputi pimpinan sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, dan seluruh siswa,  akhirnya Perpustakaan Smantisa “Libsmantisa” berhasil meraih predikat Akreditasi A.

Kabar raihan predikat akreditasi ini diterima oleh SMA 3 pada Jumat siang, 13 Desember 2019 melalui surat resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bernomor 6625/4.1/PPM.02/XI.2019 tentang Hasil Akreditasi Perpustakaan. Surat tertanggal 19 November 2019 yang ditandatangani Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. itu menerangkan bahwa Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional RI telah menetapkan Perpustakaan “Libsmantisa”  SMA N 3 Salatiga terakreditasi A.

Pohon literasi di dekat pintu masuk ruang utama Perpustakaan “Libsmantisa”

Bersama SMA 3 Salatiga, dalam surat itu juga ditetapkan predikat akreditasi untuk 10 perpustakaan sekolah lainnya di wilayah Kota Salatiga yang terdiri dari 5 perpustakaan SMP, dan 5 perpustakaan SD. Dari kesebelas perpustakaan sekolah di Kota Salatiga, sepuluh perpustakaan sekolah dinyatakan terakreditasi A, dan satu sekolah tingkat dasar (SD) meraih predikat B.

Kesepuluh perpustakaan yang meraih akreditasi A terdiri dari satu SMA yakni SMA N 3, lima sekolah tingkat SMP, dan empat sekolah tingkat dasar.  Untuk tingkat SMP yang ditetapkan terakreditasi A adalah SMP N 1, SMP N 2, SMP N 3, SMP N 6, dan SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Untuk tingkat SD yang ditetapkan terakreditasi A adalah SD N Kutowinangun 01, SD N Ledok 02, SD Islam Al Azhar 22, dan SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Sedangkan satu-satunya perpustakaan yang terakreditasi B adalah SD N Sidorejo Lor 01 Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *